Kamis, 06 Desember 2012

APAKAH FILSAFAT PERBANDINGAN ITU ?



APAKAH FILSAFAT PERBANDINGAN ITU ?


Filsafat itu memiliki tata cara yang harus dipenuhi. Itu adalah unsur yang ada dalam Filsafat, yaitu : Kita harus memikirkan hal apa saja yang harus diselesaikan atau dipecahkan. Kemudian bagaimana cara kita melakukannya, lalu kita harus membuat cara kerja bersistem untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan itu agar kita dapat mencapai tujuan yang ditentukan. Setelah mengetahui cara kerjannya, maka selanjutnya kita harus mengerjakannya. Keputusan diperoleh berdasarkan metode berfikir yang induktif ataupun deduktif. Dari semua yang kita kerjakan dipastikan kita mendapatkan sesuatu yang merupakan akhir atau hasil suatu peristiwa atau pekerjaan.
Bisa kita lihat dalam kehidupan nyata seseorang, yaitu saat seorang bayi dilahirkan ke dunia, anak itu kemudian berkembang mengikuti proses bagaimana ia dibesarkan sampai pada ia menentukan ke arah mana ia harus pergi (menentukan masa depan). Semua itu di dapatkan mulai dari dalam lingkungan keluarga kecil dan berlanjut kepada lingkungan masyarakat. Dan semua itu juga memerlukan usaha yang menarik dan mungkin memiliki masalah dalam proses perkembangannya.
Yang dipelajari dalam filsafat adalah bagaimana kita membuat semua hal yang memiliki perbedaan yang rumit sehingga dapat disatukan dengan baik. Kadang kala seseorang berfikir akan menunda untuk menyelesaikan suatu masalah, sehingga masalah itu pun susah diselesaikan. Padahal semua masalah yang timbul dalam kehidupan, berguna supaya kita bisa memahami bagaimana pengetahuan tentang kehidupan itu.
Pengertian sementara tentang filsafat adalah Pengetahuan dan penyidikan dengan akal budi mengenai hakikat yang ada, sebab, asal dan hukumnya. Filsafat juga diartikan sebagai teori yang mendasari alam pikiran atau yang mendasari suatu kegiatan.
Filsafat juga berintikan tentang pengetahuan tentang kaidah berfikir, kepekaan terhadap seni dan keindahan, tentang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan hal-hal yang nonfisik atau tidak kelihatan, tentang ilmu yang membahas tentang dasar-dasar atau batas-batas pengetahuan, dan tentang anggapan, gagasan dan sikap batin yang dasar yang dimiliki seseorang atau bisa disebut dengan pandangan hidup seseorang.
Filsafat Perbandingan berkaitan dengan menghayati perjumpaan kita dengan orang lain. Sebagaimana pasti akan muncul perbedaan yang bisa memunculkan rasa ketidaksukaan antarsesama dan akan saling menunjukkan kelebihan masing-masing. Inilah tugas filsafat Perbandingan, yaitu untuk menyatukan dua atau lebih hal yang berbeda.
Kembali ke topik awal mengenai “Apakah Filsafat Perbandingan itu?”. Filsafat Perbandingan memiliki tugas untuk membandingkan dua atau lebih hal. Filsafat perbandingan memiliki hal-hal yang berkaitan dengan perbuatan yang didasarkan pada pendirian/keyakinan seseorang, lalu cara teratur yang digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan agar tercapai suatu yang diinginkan, kemudian memiliki ketangkasan dan kekuatan untuk melakukannya, serta menghasilkan kesimpulan dan harus berani dalam menanggung apa yang tidak diinginkan.
Para Ahli Filsafat Perbandingan juga memiliki beberapa masalah dalam menanggapi filsafat perbandingan ini, yaitu : mereka harus mampu berusaha untuk mengerti filsafat yang memiliki zaman yang berbeda. Dan bahkan sejak awal, filsafat perbandingan itu lebih berhubungan dengan proses yang dilakukan untuk mempercepat perubahan itu sendiri. Para ahli filsafat perbandingan juga terkadang harus bisa menemukan suatu kesamaan yang ada didalam perbedaan-perbedaan yang ada, serta saling melengkapi hal-hal yang memiliki perbedaan tersebut. Dan pastinya mereka juga harus melakukan penelitian untuk menyelesaikan suatu perbandingan filsafat walaupun pikiran manusia mempunyai batas-batas. Oleh karena itu, setiap manusia diharapkan mampu memahami perubahan masa yang terjadi karena mengerti tentang filsafat perbandingan sama dengan memiliki sesuatu yang lebih.
Filsafat Perbandingan menghasilkan filsafat yang memadai dan sangat membahas secara keseluruhan. Tidak hanya para ahli filsafat yang terdorong untuk menanggapi filsafat perbandingan tetapi juga setiap orang yang memang terdorong, akan menciptakan paduan berbagai pengertian atau hal sehingga merupakan hasil kesatuan yang selaras yang tertinggi dan menyeluruh. Bagaimanapun, Filsafat Perbandingan digunakan untuk pelayanan dan kesuksesan besar oleh setiap manusia.
Nilai yang bisa diambil juga dalam filsafat perbandingan ialah saat suatu atau beberapa masalah mulai muncul dan menimbulkan banyak perbedaan dan pertentangan, dan memulai untuk menyelesaikan serta menyatukan segala pertentangan yang ada didalamnya, maka kita yang mempelajarinya dapat menciptakan wawasan yang lebih baik mengenai filsafat itu, dengan menghadapi masalah, pertanyaan-pertanyaan yang muncul, pertentangan dan pada akhirnya menghasilkan kesimpulan yang membangun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar